10 Lowongan Kerja yang Bisa Dikerjakan di Rumah dengan Gaji Menjanjikan

Embed Images

Table of Contents

Pengertian Loker yang Bisa Dikerjakan di Rumah

Loker atau pekerjaan merupakan bagian penting dalam hidup manusia untuk memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari. Dalam beberapa tahun terakhir, muncul tren baru dalam dunia kerja yaitu loker yang bisa dikerjakan di rumah, atau yang lebih dikenal dengan istilah work from home.

Tren Loker Bekerja dari Rumah

Tren loker bekerja dari rumah meningkat pesat dalam beberapa tahun terakhir karena kemudahan dan fleksibilitas yang ditawarkan. Banyak perusahaan besar dan kecil mulai melirik untuk memberikan kesempatan kepada karyawannya untuk bekerja dari rumah. Hal ini tidak hanya memberikan keuntungan bagi perusahaan dalam hal pengurangan biaya operasional, tetapi juga memberikan keuntungan bagi karyawan dalam hal waktu yang lebih luwes dan kenyamanan dalam bekerja dari rumah.

Kelebihan dan Kekurangan Bekerja dari Rumah

Bekerja dari rumah memiliki kelebihan dan kekurangan. Kelebihannya adalah fleksibilitas waktu yang lebih besar dan bisa bekerja tanpa terikat dengan jam kerja kantor. Tidak perlu memikirkan transportasi yang bisa memakan waktu dan mengeluarkan biaya ekstra, serta bisa mengerjakan tugas dengan lebih fokus tanpa terganggu dengan orang lain.

Namun, kekurangannya adalah kurangnya interaksi sosial dengan rekan kerja dan kurangnya pemisahan antara urusan pribadi dan pekerjaan. Ada juga kemungkinan untuk terganggu oleh lingkungan sekitar seperti keluarga atau tetangga, serta kemungkinan kurangnya pengawasan dan monitor yang dilakukan oleh atasan.

Secara keseluruhan, pekerjaan yang bisa dilakukan dari rumah adalah pilihan yang menarik bagi beberapa orang. Namun, sebelum memutuskan untuk bekerja dari rumah, ada baiknya mempertimbangkan kelebihan dan kekurangannya serta memilih pekerjaan yang sesuai dengan kemampuan dan minat kita.

Loker yang Bisa Dikerjakan di Rumah

Di tengah pandemi Covid-19, banyak perusahaan yang menghadapi tantangan besar dalam mempertahankan bisnis mereka. Namun, di sisi lain, situasi ini membuka peluang bagi orang-orang yang ingin bekerja dari rumah.

Jika Anda termasuk orang yang ingin mencari pekerjaan di rumah, berikut adalah beberapa loker yang bisa dikerjakan dari rumah:

Penulis Konten

Banyak situs web dan blog yang membutuhkan penulis konten yang berkualitas untuk meningkatkan lalu lintas dan popularitas mereka. Selain itu, konten yang bagus juga membantu meningkatkan peringkat situs web atau blog tersebut di mesin pencari.

Editor

Jika Anda percaya bahwa Anda memiliki kemampuan menulis dan mengedit yang bagus, maka menjadi editor mungkin adalah pilihan yang tepat. Sebagai editor, tugas utama Anda adalah memeriksa naskah dan memastikan bahwa teksnya bebas dari kesalahan tata bahasa, ejaan, dan tata letak.

Desain Grafis

Jika Anda memiliki bakat dalam desain, maka mungkin menjadi desainer grafis adalah pilihan yang tepat. Pekerjaan ini mencakup pekerjaan seperti membuat logo, desain brosur, pamflet, layout majalah, dan masih banyak lagi.

Read more:

Programmer

Jika Anda memiliki kemampuan dalam pemrograman, maka menjadi programmer mungkin adalah pekerjaan yang tepat untuk Anda. Anda dapat bekerja pada proyek-proyek perangkat lunak atau membangun situs web dari awal.

Customer Service

Banyak perusahaan membutuhkan customer service yang bisa bekerja dari rumah. Tugas utama Anda adalah memastikan kepuasan pelanggan dengan memberikan solusi untuk masalah yang dihadapi pelanggan.

Dalam mengambil loker yang bisa dikerjakan di rumah, pastikan Anda mengatur jadwal kerja yang baik dan mencari perusahaan yang dapat memberikan dukungan apa pun yang Anda butuhkan untuk membantu Anda beradaptasi dengan lingkungan kerja dari rumah.

Tips Mencari Loker yang Bisa Dikerjakan di Rumah

Jangan merasa putus asa karena kamu tidak menemukan pekerjaan di luar sana. Ada banyak lowongan kerja yang bisa kamu lakukan dari rumah yang bisa kamu cari. Berikut adalah beberapa tips dalam mencari lowongan kerja yang bisa kamu lakukan dari rumah:

Cari di Portal Lowongan Kerja

Salah satu tips terbaik untuk mencari lowongan kerja yang bisa dikerjakan di rumah adalah mencarinya di portal lowongan kerja. Banyak portal lowongan kerja yang menawarkan pekerjaan yang bisa kamu kerjakan dari rumah. Beberapa contoh portal seperti JobsDB, Indeed, dan Glassdoor.

BACA JUGA  Lowongan Kerja bagi Usia 45 Tahun di Surakarta Hari Ini

Daftar ke Platform Freelancer

Pilihan lain dalam mencari pekerjaan yang bisa dikerjakan di rumah adalah mendaftar ke platform freelance. Platform seperti Upwork, Freelancer, dan Fiverr menawarkan berbagai proyek dari mulai penulisan, desain grafis, hingga penerjemahan untuk kamu yang ingin bekerja dari rumah.

Cari Referral Melalui Teman atau Keluarga

Bila kamu ingin mencari pekerjaan yang bisa dikerjakan di rumah, cobalah untuk mencari referral melalui keluarga atau teman-temanmu. Mereka mungkin mengenal perusahaan yang sedang mencari pegawai yang bisa bekerja dari rumah. Pastikan kamu menyiapkan resume dan portofolio yang baik sebelum meminta referral dari mereka.

Mencari Pekerjaan Lewat Media Sosial

Saat ini banyak perusahaan yang memasang informasi lowongan kerjanya di media sosial seperti Twitter, LinkedIn, Facebook, dan Instagram. Kamu bisa mengikuti akun resmi mereka dan memantau lowongan kerja yang mereka posting. Selain itu, kamu juga bisa memanfaatkan hashtag yang relevan dengan pekerjaan yang ingin kamu cari.

Mencari Pekerjaan Lewat Google

Google adalah sumber informasi yang lengkap. Kamu bisa mencari pekerjaan yang bisa dikerjakan dari rumah dengan menggunakan kata kunci tertentu di Google. Pastikan kamu mencari informasi terbaru dan paling update sehingga kamu bisa menemukan lowongan kerja yang sesuai dengan kualifikasimu.

Dengan beberapa tips di atas, kamu bisa menemukan pekerjaan yang bisa kamu lakukan dari rumah. Jangan lupa untuk menyiapkan dirimu dengan kualifikasi dan portofolio yang cukup untuk memberikan kesan yang baik kepada perusahaan yang kamu tuju.

Persiapan Sebelum Melamar Loker yang Bisa Dikerjakan di Rumah

Persiapkan CV dan Portofolio

Sebelum melamar pekerjaan yang bisa dikerjakan di rumah, pastikan untuk menyiapkan Curriculum Vitae (CV) dan portofolio yang menarik. CV dan portofolio ini akan menjadi representasi diri Anda, sehingga pastikan untuk menuliskan pengalaman serta keahlian yang dimiliki secara jelas dan terperinci. Hal ini akan meningkatkan peluang Anda untuk diterima di perusahaan yang Anda inginkan.

Mengasah Kemampuan Berbahasa Inggris

Berhubungan dengan pekerjaan yang bisa dikerjakan di rumah, keahlian berbahasa Inggris menjadi sangat penting. Bahasa Inggris merupakan bahasa internasional yang umumnya digunakan dalam dunia kerja. Oleh sebab itu, pastikan untuk mengasah kemampuan berbahasa Inggris Anda sebelum melamar pekerjaan, agar mampu berkomunikasi dengan baik dengan klien atau rekan kerja dari luar negeri.

Persiapkan Peralatan dan Teknologi Terbaru

Pekerjaan yang bisa dikerjakan di rumah biasanya membutuhkan peralatan dan teknologi terbaru. Pastikan untuk menyiapkan peralatan seperti komputer, smartphone, kamera, dan software yang dibutuhkan. Anda juga bisa menambahkan perangkat tambahan seperti printer dan stabilizer guna memperbaiki performa Anda dan meningkatkan produktivitas kerja.

Mengetahui Tuntutan Pekerjaan

Sebelum melamar pekerjaan, pastikan untuk mengetahui tuntutan pekerjaan dan lingkungan kerja yang dibutuhkan. Perhatikan juga kemampuan serta keahlian yang harus dimiliki. Hal ini akan membantu Anda untuk menyesuaikan diri dengan lingkungan kerja baru yang berbeda dari sebelumnya.

Siap dengan Jadwal Kerja yang Fleksibel

Pekerjaan yang bisa dikerjakan di rumah biasanya memiliki jadwal kerja yang fleksibel. Namun, pastikan untuk tetap disiplin dalam menjalankan jadwal kerja sesuai dengan deadline yang diberikan. Jangan sampai bekerja terlalu santai dan mengacaukan produktivitas kerja Anda.

Kelebihan Bekerja dari Rumah

Kelebihan Bekerja dari Rumah

Tidak Terikat Waktu dan Tempat

Salah satu kelebihan bekerja dari rumah adalah tidak terikat waktu dan tempat. Anda tidak perlu terlalu memikirkan jadwal transportasi atau waktu pulang kantor. Anda dapat bekerja kapan saja dan di mana saja tanpa mengganggu waktu luang Anda.

Dapat Berhemat Biaya Transportasi

Dengan bekerja dari rumah, Anda dapat berhemat biaya transportasi yang biasanya harus Anda keluarkan untuk perjalanan ke kantor. Anda tidak perlu membayar uang transportasi dan dapat menghemat uang Anda untuk keperluan lainnya.

Tidak Terikat dengan Dresscode

Anda tidak perlu khawatir dengan dresscode ketika bekerja dari rumah. Anda dapat bekerja dengan nyaman dalam pakaian yang Anda sukai dan tidak perlu khawatir tentang pakaian formal.

Lebih Banyak Waktu dengan Keluarga

Ketika bekerja dari rumah, Anda dapat lebih banyak waktu bersama keluarga. Anda dapat mengatur waktu kerja Anda sehingga dapat melakukan aktivitas bersama keluarga tanpa harus terlalu memikirkan waktu pulang kantor.

Mempunyai Waktu yang Fleksibel

Bekerja dari rumah memberikan Anda waktu yang fleksibel untuk menyelesaikan tugas dan pekerjaan. Anda dapat mengatur jadwal kerja Anda sendiri dan menyelesaikan pekerjaan sesuai dengan waktu yang Anda miliki. Hal ini akan membuat Anda merasa lebih santai dan tidak terlalu tertekan dengan waktu.

Kekurangan Bekerja dari Rumah

Kurangnya Sosialisasi

Salah satu kekurangan bekerja dari rumah adalah kurangnya interaksi sosial dengan rekan kerja. Perasaan kesepian dan isolasi dapat terjadi, terutama jika bekerja sendiri tanpa orang lain di sekitar. Kehilangan interaksi sosial ini dapat mempengaruhi hubungan antar karyawan dan dapat mempengaruhi kinerja mereka di tempat kerja.

Mudah Terganggu dengan Faktor Lingkungan

Meskipun bekerja dari rumah dapat memberikan kebebasan dan fleksibilitas, kadang-kadang faktor lingkungan seperti suara-suara dari tetangga, anak-anak yang bermain atau gangguan lain dapat mengganggu fokus dan konsentrasi. Hal ini dapat menghambat produktivitas dan menciptakan kesulitan kerja untuk seorang pekerja.

Sering Merasa Bosan karena Kurangnya Interaksi Sosial

Jika bekerja di rumah selalu bekerja sendiri sepanjang waktu, seringkali mulai merasa bosan karena kurangnya interaksi sosial dengan rekan kerja atau orang lain. Hal ini dapat menyebabkan kehilangan semangat dan motivasi, mempengaruhi kinerja dan produktivitas seorang pekerja.

Tidak Ada Pembatasan Waktu Kerja

Sering kali, bekerja dari rumah dapat memberikan kebebasan untuk mengejar kegiatan lain selain pekerjaan. Namun, kebebasan ini dapat membuat seorang pekerja sulit membatasi jam kerja dan memisahkan waktu kerja dengan waktu liburan sehingga terjadi pelebaran jam kerja dan efek buruk bagi produktivitas dan keseimbangan kerja-kehidupan.

BACA JUGA  20 Lowongan Kerja Terbaru di JobStreet

Mudah Terjebak dalam Pola Kerja yang Tidak Seimbang

Bekerja dari rumah dapat membuat seorang pekerja cenderung bekerja terlalu lama dan kurang berolahraga atau punya interaksi sosial yang cukup. Faktor-faktor ini dapat memicu pola kerja yang tidak seimbang dan mempengaruhi kesehatan fisik dan mental seorang pekerja.

Cara Meningkatkan Produktivitas Kerja dari Rumah

Menentukan Jadwal Kerja yang Tepat

Menentukan jadwal kerja yang tepat adalah hal penting yang perlu dilakukan agar produktivitas kerja dari rumah tetap terjaga. Anda perlu membuat jadwal kerja yang bisa dipahami oleh semua anggota keluarga dan mengatur waktu kerja yang memungkinkan Anda untuk melakukan pekerjaan dengan fokus dan konsentrasi.

Membuat Area Kerja yang Nyaman

Membuat area kerja yang nyaman adalah salah satu hal yang amat penting jika ingin meningkatkan produktivitas kerja dari rumah. Pastikan Anda memiliki meja dan kursi yang ergonomis, serta memilih tempat yang tenang dan jauh dari gangguan. Hal ini akan membantu meningkatkan kenyamanan kerja Anda dan meminimalisir gangguan di sekitar lingkungan kerja Anda.

Mengatur Jam Istirahat

Mengatur jam istirahat juga menjadi hal yang penting untuk dilakukan. Istirahat secukupnya dan sebelum terlalu lelah dapat membantu memulihkan konsentrasi saat bekerja. Luangkan waktu istirahat sejenak untuk melakukan hal-hal yang menyenangkan atau sekedar stretch atau peregangan.

Menjaga Komitmen pada Jadwal Kerja

Menjaga komitmen pada jadwal kerja yang telah dibuat merupakan hal penting yang tidak boleh dilupakan. Anda perlu disiplin dan konsisten pada jadwal kerja yang telah dibuat. Hindari membawa pekerjaan di luar jam kerja atau bekerja melebihi batas waktu yang telah ditentukan.

Menghindari Gangguan yang Tidak Diperlukan

Menghindari gangguan yang tidak diperlukan harus dilakukan agar produktivitas kerja dari rumah dapat terjaga. Beberapa hal seperti menonaktifkan pemberitahuan pada ponsel atau hanya membuka aplikasi dan situs tertentu yang berhubungan dengan pekerjaan dapat membantu meningkatkan fokus dan konsentrasi dalam bekerja.

Dengan melakukan tips di atas, diharapkan dapat meningkatkan produktivitas kerja dari rumah yang Anda lakukan. Ingatlah untuk selalu menjaga konsistensi dan menjalankan jadwal kerja dengan baik agar dapat mencapai tujuan dan target pekerjaan yang telah ditentukan.

Embed Images:

Hal yang Harus Diwaspadai Ketika Bekerja dari Rumah

Menjaga Kondisi Fisik dan Kesehatan

Bekerja dari rumah bisa menyebabkan kita kurang bergerak. Untuk mengantisipasi hal ini, hindari duduk terlalu lama. Lakukan peregangan tubuh dan olahraga ringan setiap beberapa jam sekali. Selalu pastikan tubuh mendapatkan asupan makanan dan cairan yang cukup untuk menjaga kesehatan tubuh Anda.

Membatasi Penggunaan Gawai

Teknologi yang semakin canggih membawa pengaruh besar dalam rutinitas kerja kita dari rumah. Namun, jangan sampai kita kecanduan pada penggunaan gadget dan terus memeriksanya dalam waktu yang singkat. Jeda kepala sejenak dari gadget dan layar komputer untuk menghindari mata lelah dan sakit kepala yang mungkin terjadi.

Menghindari Prokrastinasi

Bekerja dari rumah tidak selalu mudah untuk memilih fokus dan berproduksi. Untuk menghindari prokrastinasi saat bekerja, buatlah jadwal yang teratur dan ikuti dengan disiplin. Cobalah untuk menghilangkan gangguan seperti bunyi notifikasi ponsel atau televisi yang tidak perlu.

Menjaga Hubungan dengan Rekan Kerja

Ketika bekerja dari rumah terkadang kita merasa terasing dari rekan kerja dan lingkungannya. Oleh karena itu, pastikan untuk tetap menjaga hubungan dengan rekan kerja kita. Mungkin kita bisa melakukan diskusi rutin melalui video conference atau telepon untuk tetap berkoordinasi dalam proyek yang sedang dikerjakan.

Membuat Rencana Kerja Tahunan atau Bulanan

Sebagai pekerja jarak jauh, sangat penting untuk menetapkan tujuan jangka panjang yang jelas dalam melakukan pekerjaan. Buat rencana kerja tahunan atau bulanan dengan target yang terukur dan disiplin. Dengan membuat rencana kerja ini, Anda akan memiliki panduan yang kuat untuk mengikuti dan mencapai tujuan yang telah ditetapkan.

Embed Images

Peran Teknologi Dalam Bekerja dari Rumah

Dapat Memudahkan Komunikasi dengan Rekan Kerja

Teknologi telah memungkinkan kita untuk berkomunikasi dengan rekan kerja dari jarak jauh. Dengan adanya aplikasi video conference dan chat, kita dapat berdiskusi dan berkoordinasi dalam waktu nyata tanpa harus bertemu secara fisik. Hal ini sangat menunjang produktivitas dan efisiensi kerja.

Dapat Mempermudah Proses Pengerjaan Tugas

Pemanfaatan teknologi seperti aplikasi cloud computing dan tools untuk kolaborasi memungkinkan tim untuk bekerja secara bersamaan pada proyek yang sama. Kita dapat mengakses dokumen, mengedit dan membagikannya dengan mudah tanpa harus bertatap muka. Proses pengerjaan tugas pun akan jauh lebih mudah dan efektif.

Dapat Mempercepat Pengerjaan Tugas dan Proses

Dengan adanya teknologi, banyak tugas yang biasanya memerlukan waktu yang lama untuk diselesaikan, sekarang dapat dilakukan dengan cepat dan efektif. Misalnya, pengiriman dokumen melalui surat dapat dihindari dengan memanfaatkan email dan aplikasi pengiriman file. Hal ini mempercepat pengerjaan tugas dan proses secara keseluruhan.

Meningkatkan Kualitas Hasil Kerja

Dalam banyak kasus, teknologi dapat meningkatkan kualitas hasil kerja yang dihasilkan. Contohnya, kita dapat menggunakan software editing gambar dan video untuk menghasilkan produk yang lebih profesional dan berkualitas tinggi. Dengan demikian, pemanfaatan teknologi dalam bekerja dari rumah dapat meningkatkan kualitas dan daya saing produk yang dihasilkan.

Mempercepat Akses Informasi dan Data

Pemanfaatan teknologi juga memungkinkan kita untuk mengakses informasi dan data dengan cepat dan mudah. Kita dapat mengakses informasi dari mana saja dan kapan saja hanya dengan menggunakan perangkat yang terhubung dengan internet. Hal ini sangat membantu dalam mengambil keputusan yang tepat dan tepat waktu.

Dalam kesimpulannya, teknologi memainkan peran penting dalam memudahkan bekerja dari rumah. Dalam situasi pandemi seperti saat ini, teknologi memungkinkan kita untuk terus produktif tanpa harus bertemu secara fisik. Tetaplah memanfaatkan teknologi secara optimal untuk meningkatkan produktifitas dan efisiensi kerja.

Kesimpulan: Berhasil Bekerja dari Rumah dengan Kedisiplinan, Manajemen Waktu, dan Persiapan yang Tepat

Bekerja dari rumah menjadi pilihan bagi sebagian orang yang menginginkan fleksibilitas waktu dan tempat dalam bekerja. Namun, pekerjaan ini tidak selalu sesuai untuk semua orang. Dibutuhkan kedisiplinan dan kemampuan manajemen waktu yang baik agar pekerjaan bisa dilakukan dengan efektif.

BACA JUGA  Lowongan Kerja Terbaru di Pikiran Rakyat Hari Ini

Persiapan yang Baik sebelum Melamar Pekerjaan

Sebelum memutuskan untuk bekerja dari rumah, pastikan untuk melakukan persiapan yang baik terlebih dahulu. Cari tahu jenis pekerjaan yang cocok untuk dilakukan dari rumah dan pastikan kamu memiliki keterampilan serta pengalaman yang cukup untuk melakukan pekerjaan tersebut.

Setelah itu, cari informasi tentang perusahaan dan pekerjaan yang akan kamu lamar. Jangan ragu untuk melakukan komunikasi dengan perusahaan dan bertanya tentang pekerjaan yang akan kamu lakukan, termasuk di dalamnya tentang jadwal kerja dan aturan yang harus kamu patuhi.

Menentukan Jadwal Kerja yang Tepat

Saat bekerja dari rumah, menentukan jadwal kerja yang tepat sangatlah penting. Pastikan untuk memiliki jadwal kerja yang jelas dan disiplin dalam menjalankannya. Jangan biarkan diri kamu terlalu leluasa dalam menentukan jadwal kerja, karena itu bisa merusak produktivitas kamu.

Cobalah untuk menentukan jam kerja yang tetap dan menghindari pekerjaan yang berlebihan. Jangan biarkan diri kamu terus-menerus bekerja di luar jam kerja yang sudah ditentukan. Istirahat dan waktu luang juga sangat penting untuk menjaga kesehatan fisik dan mental kamu.

Menjaga Kesehatan Fisik dan Mental

Menjaga kesehatan fisik dan mental merupakan hal penting yang harus kamu perhatikan saat bekerja dari rumah. Pastikan untuk rutin berolahraga, makan makanan yang sehat, dan mengatur waktu istirahat yang cukup.

Jangan biarkan diri kamu terus-menerus duduk di depan komputer tanpa melakukan aktivitas fisik yang cukup. Keluarkan diri kamu dari rumah dan lakukan aktivitas yang menyenangkan untuk mengurangi stres dan menjaga keseimbangan emosional kamu.

Dengan melakukan kedisiplinan, manajemen waktu yang baik, serta persiapan yang tepat, kamu bisa sukses dalam bekerja dari rumah. Jadilah pekerja yang efektif dan sehat dengan mengikuti tips di atas.

Loker Yang Bisa Dikerjakan Di Rumah